"Gen Zi banget dosen ini" gumam saya di tengah-tengah bangku kuliah Pascasarjana HI UNAIR. Baru saja dosen saya memberikan tugas untuk membuat sebuah artikel pendek. Teman satu kelas terbengong dengan keberanian dosen ini dalam memberikan tugas. Pak dosen secara lugas berkata "Buatlah satu artikel pendek tanpa menggunakan referensi apapun". Lah, ini bangku kuliah pak, bukan teori konspirasi para youtuber atau cangkeman buzzer di kolom komentar instagram. 😃

    Menulis tanpa referensi bagi mahasiswa bagaikan fenomena haji nunut nggandol ban pesawat. Mungkin Pak Dosen lagi ada penelitian kali yaa Uji Coba Mahasiswa sekarang menulis tanpa referensi. Saya tatkala itu nggak terlalu kaget sih, cuman bingung aja apa yang menjadi motif dari dosen ini bisa kepikiran ngasih tugas kaya gini. Bisa jadi dosen ini korban IPK rendah karena tulisannya terlalu mujur dan mudah dipahami, saya khusnudzon saja sih Dosen ini saat mahasiswa dulu tulisannya ditolak para dosen tapi dimuat di laman mojok. 😊

    Jam kuliah pun usai, ulah Dosen ini menimbulkan pertanyaan di benak para mahasiswa. Kalau menurut saya Dosen ini memang sengaja membuat tugas seperti itu. Yaa bisa dilihat sih bagaimana bangku kuliah saat ini, tulisan mereka penuh dengan referensi-referensi copy paste dari google, jadi ini itu tulisannya mbah google atau tulisan mahasiswa?. 🤔
 
    Ternyata tujuan pak dosen baik, beliau ingin mahasiswa saat ini khususnya Gen-Z bisa menulis atau mengutarakan opininya sendiri. Jadi tidak terpengaruh sana sini dan minimal bisa yakin dan PD dengan opininya masing-masing. 💪